Pada bulan April 2024, SMK Misbahul Aulad Labuha melaksanakan ujian praktek bagi siswa-siswi kelas XII. Ujian praktek ini merupakan bagian dari rangkaian ujian akhir yang bertujuan untuk mengukur keterampilan dan kompetensi siswa dalam bidang keahlian yang mereka pelajari selama tiga tahun di SMK.

Persiapan Ujian

Persiapan ujian praktek dimulai sejak awal semester genap dengan memberikan pembekalan intensif kepada siswa. Guru-guru berperan aktif dalam membimbing siswa untuk memastikan mereka siap menghadapi ujian praktek. Laboratorium dan ruang praktek juga dipersiapkan dengan baik untuk mendukung kelancaran pelaksanaan ujian.

Bidang Keahlian yang Diuji

Ujian praktek mencakup berbagai bidang keahlian yang ada di SMK Misbahul Aulad Labuha, antara lain:

  1. Teknik Komputer dan Jaringan
    Siswa di bidang ini diuji kemampuannya dalam merancang, menginstal, dan mengelola jaringan komputer. Mereka juga harus mampu menyelesaikan masalah teknis yang mungkin terjadi pada jaringan.
  2. Keperawatan
    Siswa jurusan keperawatan diuji keterampilan praktik keperawatan dasar seperti pengukuran tanda vital, pemberian obat, dan perawatan luka. Mereka juga harus mampu memberikan layanan kesehatan sesuai dengan standar prosedur operasional.
  3. Administrasi Perkantoran
    Siswa di bidang ini diuji kemampuannya dalam mengelola administrasi perkantoran, termasuk pembuatan dokumen, pengarsipan, dan penggunaan perangkat lunak perkantoran. Mereka juga diuji kemampuan komunikasi dan pelayanan kepada klien.

Pelaksanaan Ujian

Ujian praktek berlangsung selama satu minggu dengan pengawasan ketat dari guru-guru penguji. Setiap siswa diberikan tugas praktek yang harus diselesaikan dalam waktu yang ditentukan. Para siswa tampak antusias dan bersemangat dalam menjalani ujian ini, meskipun ada sedikit ketegangan karena mereka ingin memberikan hasil terbaik.

Evaluasi dan Hasil

Hasil ujian praktek akan dievaluasi berdasarkan ketepatan, ketelitian, dan efisiensi dalam menyelesaikan tugas. Guru penguji memberikan penilaian secara objektif dan memberikan masukan yang konstruktif kepada siswa. Hasil ujian praktek ini akan menjadi salah satu komponen penting dalam penentuan kelulusan siswa.

Penutup

Kepala Sekolah SMK Misbahul Aulad Labuha, Bapak Nasir Hi. Abdullah, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh siswa yang telah berusaha keras dalam menghadapi ujian praktek. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada guru-guru dan staf yang telah mempersiapkan dan mendukung pelaksanaan ujian ini.

“Dengan semangat dan kerja keras, saya yakin kalian semua dapat meraih hasil yang terbaik. Ujian praktek ini bukan hanya tentang nilai, tetapi juga tentang bagaimana kalian dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata,” ujar Bapak Nasir Hi. Abdullah.

Semoga hasil ujian praktek ini dapat menjadi langkah awal yang baik bagi siswa-siswi SMK Misbahul Aulad Labuha dalam meraih kesuksesan di masa depan.